Kisah-kisah Penggugah Jiwa


Judul               : Dari Batu Menjadi Bara
Penulis            : Afin Murtie, et al
Penerbit          : Jogja Bangkit Publisher
Cetakan          : 1, 2012
Tebal               : 244 Halaman
Harga              : Rp. 36.000,-
                                                                                                     
“Mustahil adalah kata yang hanya akan ditemukan di kamus orang tolol.”
(Napoleon Bonarparte)

Kutipan di atas cukup mewakili kisah-kisah yang ada dalam buku yang berjudul Dari Batu Menjadi Bara, buah karya Afin Murtie, dkk. Kadang banyak orang yang berpikir bahwa melakukan sesuatu yang aneh tidak bisa meraih sukses. Padahal kenyataannya, melakukan sesuatu yang aneh itu, membuat kita berbeda dengan yang lain. Lambat-laun sesuatu yang beda itu bisa membawa ke puncak sukses, walau hal yang konyol sekali pun.
Buku ini mengupas segala kesuksesan yang menggetarkan hati semua orang. Buku ini menceritakan orang-orang sukses dengan melakukan hal yang tidak biasa. Para peraih sukses yang terkenal ini tentu saja tidak selalu berjalan mulus, namun kegigihan dan kebulatan tekad yang mengantarkan mereka ke puncak kejayaan. Kegagalan tidak pernah memundurkan langkah mereka. “Kegagalan adalah kesempatan untuk memulai lagi, tapi dengan cara yang lebih cerdas.” Salah satu ungkapan Henry Ford.

Kesuksesan bukan hanya milik mereka yang kaya. Kebahagiaan bukan hanya bagi mereka bernampilan fisik sempurna. Kita semua terlahir untuk sukses. Semua orang berhak untuk mencapai sukses. Ketra Oberlander, seorang yang tidak bisa melihat karena buta, bisa menjadi pelukis terkenal. “Buta tak menghalangi kita untuk berprestasi.” itu ungkapnya. Begitu juga dengan John Logie Baird, si miskin dari Skotlandia yang berhasil menemukan Televisi.
Kesuksesan juga bukan hanya dari belajar rajin dan kerja keras. Sukses juga dapat diraih lewat dukungan cinta dan kasih sayang orang-orang terdekat kita. Namun semua itu harus senantiasa diikuti permohonan rahmat-Nya. Begitulah cerita-cerita yang menakjubkan dalam buku ini. Semuanya disajikan dengan bahasa yang sangat sederhana. Tapi jangan salah, isinya tidak sesederhana bahasa pengungkapannya.
Buku Dari Batu Menjadi Bara ini menyajikan berbagai kisah nyata tokoh-tokoh ternama. Selain itu juga terdapat kisah semi nyata yang diangkat dari keseharian hidup, dan kisah fiksi yang memiliki sebuah hikmah. Ada delapan kategori yang terdapat dalam buku ini. Adapun kategorinya seperti, teguh dalam keterbatasan, jenius pengguncang dunia, kegagalan berbuah kesuksesan, berkat kasih ibu dan keluarga, persahabatan yang kokoh, cinta dan dukungan, usaha dan kerja keras, dan ketulusan dan kebaikan.
Pada setiap kategorinya terdapat beberapa cerita yang menggetarkan. Jika dihitung, jumlah semuanya terdapat 99 cerita. Semuanya itu cerita meraih puncak sukses. Cerita yang terhimpun dalam buku ini terdiri dari berbagai kalangan, baik dari dunia barat maupun timur di belahan dunia. Sehingga apabila jika dibaca dengan penuh seksama, meraih kesuksesan itu tidak segampang yang dibayangkan. Meskipun demikian, tentunya tidak ada yang tidak bisa dilakukan, yang penting ada kemauan untuk menggapainya.
Banyak jalan menuju kesuksesan, namun jalan tersebut tetap harus ditempuh dengan segala niat baik dan dedikasi tinggi terhadap tercapainya sebuah cita-cita. Siapa pun, apa pun latar belakang pendidikan, keluarga, ekonomi, dan pilihan karir. Semua bisa bersama-sama menuju kesuksesan, hal terbesar dalam pencapaian arti dan konsep diri seseorang. Sikap dan kemauan keras untuk menuju sukses itu akan membentuk karakter pribadi yang sukses.
Pribadi yang goyah, putus asa, dan mudah tumbang, bukanlah ciri seorang yang akan mencapai kesuksesan. Membaca buku ini, setiap cerita ditemukan hikmah tentang semua hal menuju puncak sukses. Pelajaran berharga tentang kesuksesan yang dilalui dengan mudah, sedang, maupun dengan sulit. Lembar demi lembar kisah yang disajikan akan membuat dada pembaca bergolak dan memacu semangat untuk mencapai puncak sukses.
Kisah-kisah tersebut akan mengubah jalan hidup dan pikiran pembaca. Harapannya, setelah buku ini berhasil dilahap, akan bisa menghasilkan dampak besar bagi pembaca dalam menumbuhkan motivasi diri. Motivasi itu tentunya untuk tumbuh dan berkembang menuju kesuksesan dalam menjalani kehidupan. Semuanya kembali lagi kepada cara pandang setiap individu dalam menyikapinya. Kita pasti mampu, asal ada cita-cita, tekad, dan usaha.

Resensiator: Wahyu Saputra
Resensi ini pernah dimuat di Media Harian Singgalang, 9 Desember 2012

0 Comments